Ternyata KI, Mempertemukan Orang-orang Baik

Apa sih KI itu? Mungkin bagi orang-orang yang terjun di dunia kerelawanan di bidang pendidikan pernah mendengar “KI”. Ya, KI adalah singkatan dari Kelas Inspirasi, dimana para profesional bersedia untuk mengambil cuti satu hari untuk memperkenalkan profesinya dan memotivasi siswa-siswi SD agar lebih semangat dalam menggapai cita-citanya.

“Dek, yuk bikin lagi yang ke-2”. Itulah ajakan teman SMA saya, Jaka, ketika kami akhirnya ketemu setelah masing-masing saling merantau. Nah, dari ajakan itulah kami memulainya, untuk sama-sama mengemas KI Cirebon #2 (yang pertama ada di tahun 2015). Kami mulai kembali menggaet para relawan yang tahun lalu aktif di KI Cirebon #1 untuk membentuk panitia kecil untuk merekrut relawan panitia yang lain. Luar biasanya, setelah kami mulai membuka pendaftaran relawan panitia, yang mendaftar itu lebih dari 100 orang. Antusiasme yang sangat luar biasa!

Jika kembali melihat ke belakang, KI Cirebon yang pertama, memang bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat Cirebon tentang KI, karena memang di Cirebon belum pernah ada KI sehingga pemahaman tentang KI-nya masih sedikit. Kemudian, yang kedua ini mempunyai cita-cita yang lebih luas lagi. Kami memantapkan hati bersama, bahwa harapannya dengan KI yang kedua ini di Cirebon, bisa membuka jejaring yang lebih luas antar para relawan, sehingga nantinya bisa ada interaksi-interakhir lain untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Kami memulainya di bulan Februari 2016, diawali dengan perekrutan relawan panitia hingga pelaksanaan pada bulan Agustus dan dilanjutkan dengan adanya BTS (back to school) di Bulan September-Oktober

“Karena hasil tak akan mengingkari usaha”. Ya, itulah yang saya rasakan. Dari perjalanan panjang yang kami lalui bersama, mulai dari proses mempersiapkan kelas inspirasi, Hari H, hingga back to school, kami selalu menekankan pada nilai siap belajar dan kekeluargaan. Dan semuanya pun berjalan dengan lancar.

Dari sinilah saya melihat, walaupun ketika di awal  kita sama sekali tidak mengenal satu sama lain, tetapi ketika kita semua saling percaya, mempunyai tujuan yang sama dan selalu siap untuk belajar, maka segala sesuatu nya akan berjalan dengan baik. Ya memang, ternyata KI itu mempertemukan orang-orang baik. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s