Belajar Bisa darimana Saja

Rura, dusun dimana tempat saya akan mengabdi selama satu tahun, dipenuhi dengan anak-anak yang sangat luar biasa, selalu bersemangat, dan tidak pernah mengeluh. SDN no. 22 inpres Rura adalah tempat mereka bersekolah. Sekolah dengan gedung yang sederhana yang selalu dihiasi dengan tawa riang gembira anak-anak yang datang ke sekolah.

Setiap harinya, anak-anak selalu bersemangat untuk belajar. Bukan hanya di sekolah tetapi juga di rumah atau di kebun. Mereka juga bisa belajar darimana saja.

2015/01/img_3201.jpg

Pernah suatu ketika, saya sedang duduk-duduk santai bersama dengan anak-anak di ruang depan. Kami berbicara mengenai banyak hal. Dan tiba-tiba ada seorang anak yang menunjuk kalender yang terpasang di dinding rumah dan bertanya, “Bu, itu gambar hewan apa?”
Dan akhirnya saya pun menjelaskan kepada semua anak yang ada disitu mengenai gambar-gambar hewan yang ada pada kalender. Ya, inilah salah satu contoh bahwa belajar itu bisa darimana saja.

Contoh lain, anak-anak juga bisa belajar langsung dari jam dinding, biasanya dipicu dengan pertanyaan “Sekarang jam berapa?” dan anak-anak pun langsung melihat jam dan mencoba membaca sekarang jam berapa.

Ada lagi, anak-anak disini sangat suka dengan bola. Mereka sungguh hafal dengan negara asal para pemain bola. Dan hal itu bisa dimanfaatkan. Belajar dipicu dengan pertanyaan mengenai pemain bola A berasal darimana. Anak-anak pun langsung menjawab dan mencoba mencari asal negara pemain bola tersebut di peta (ada peta dunia yang saya tempel di dinding rumah).

Anak-anak yang hebat karena selalu senang dan mau untuk belajar dimanapun kapanpun.

Ya, belajar bisa darimana saja. Dari hal-hal di sekitar kita dan dari hal-hal yang dekat dengan kita.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s