Kelompok 7 – Kelas Inspirasi 3 Jakarta

“Bangun Mimpi, Anak Indonesia”

Ya itulah yel-yel yang kami teriakan dengan lantang sebagai pembuka Hari Briefing Kelas Inspirasi 3 di Gedung LIPI, Sabtu 12 April 2014 lalu. Sebenarnya apa sih kelas inspirasi itu? Ya, satu hari cuti dari kantor, untuk menginspirasi melalui profesi, gerakan yang diusung oleh satu wadah yang bernama Indonesia Mengajar.

Masih teringat jelas, semangat yang dikeluarkan oleh semua orang yang begitu antusias untuk mengikuti Kelas Inspirasi tanggal 24 April 2014 nanti. Saya pun menjadi bagian dari orang-orang itu, tertarik untuk mengikuti kelas inspirasi, namun karena belum bisa menjadi relawan pengajar, maka saya menjadi relawan fotografer. Disini, saya menjadi salah satu anggota kelompok 7.

Tak ada yang dikenal satu orang pun. Itulah yang dapat menggambarkan kondisi ketika pertama kali bertemu dengan anggota kelompok lain di kelompok 7 ini. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kami menjadi lebih saling kenal, dan dapat dengan cepat saling beradaptasi satu sama lain. Mereka semua asik-asik hehe.. Ada Mba Windira, Pak Agus, Mas Ario, Maria, Gita, Intan, Ully, Ika, Emma, Wini, dan Mas Deki sang fasilitator kelompok 7.

Briefing Kelas Inspirasi

Setelah briefing, langkah selanjutnya adalah menyusun rencana kegiatan yang akan dilakukan pada kelas inspirasi nanti, dan melakukan survey ke sekolah yang akan kami datangi. Kami kedapatan sekolah di SDN 03 Pagi Kembangan Selatan, Jakarta Barat (yang lokasi nya cukup jauh kalau dari tempat tinggal saya saat ini, Jakarta Timur). Sejenak saya berpikir, jarak tak akan jadi masalah, karena saya yakin kegiatan ini akan bermanfaat bukan hanya untuk sekolahnya tetapi juga bagi kami para relawan.. :D

Kami pun memutuskan untuk survey ke sekolah pada hari Sabtu, tanggal 19 April 2014. Sambutan dari sekolah dan murid di sekolah tersebut sangat luar biasa. Antusiasme yang sangat tinggi. Murid-murid yang begitu bersemangat dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Inilah yang membuat kami tambah semangat.

Survey Sekolah

Dan akhirnya, hari-H pun tiba, Kamis, 24 April 2014. Kami bersiap-siap untuk melaksanakan rencana kegiatan kelas inspirasi kami di sekolah tersebut. Berangkat pagi-pagi, yang hampir sudah lama tidak dilakukan hehe. Pukul 05.50, kami telah sampai di sekolah tersebut, dan terlihat sesosok murid perempuan yang sudah datang, membukakan pintu gerbang sekolahnya dan mempersilakan kami masuk. Betapa rajinnya anak ini, begitu pikirku. Pagi-pagi sudah sampai di sekolah, jam berapa dia bangun dan berangkat dari rumahnya.

Kelas inspirasi di sekolah ini pun diawali dengan upacara pembukaan di lapangan. Murid-murid berbaris, sambutan dari pihak sekolah, dilanjutkan dengan perkenalan diri para relawan, bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan memainkan seven claps nomor 1 dan 2 nya saja untuk memberikan semangat pada murid.

Keceriaan Kelas Inspirasi

IMG_6167

Keceriaan dan senyum lebar selalu terlihat di wajah murid. Rasa ingin tahu dan semangat memancar begitu keras dari raut wajahnya. Tak kenal putus asa dan tak takut untuk salah juga selalu diperlihatkan oleh murid-murid di sekolah tersebut. Dan inilah kenyataannya, kami yang ingin menginspirasi mereka, malah kami yang lebih diinspirasi oleh mereka.

Hari-H

Hari-H

Merasa bersyukur bisa mengikuti kelas inspirasi ini, merasa bersyukur karena berada di kelompok yang memiliki satu visi, kompak, dan komit. Merasa senang karena memiliki teman-teman baru dan merasa senang karena bisa melakukan serangkaian kegiatan bersama dengan suka cita dan kesungguhan hati.

Ya, kelas inspirasi yang hanya satu hari, tapi benar-benar memberikan warna bukan hanya pada sekolah yang kami datangi, tetapi juga kepada kami, anggota kelompok 7, yang mendapatkan banyak inspirasi dari kelas inspirasi tersebut.

Cuplikan kegiatannya bisa dilihat disini yaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s