Festival Gerakan Indonesia Mengajar 2013

Segera berbuat, serentak bergerak!  Mari bekerja bakti!

Slogan itulah yang menjadi teriakan kami di awal proses #KerjaBakti Festival Gerakan Indonesia Mengajar. Belum terbayang seperti apa #KerjaBakti yang akan kami lakukan nanti. Ya, hari Minggu kemarin, 6 Oktober 2013, saya dan teman-teman kuliah saya, janjian untuk ketemuan sambil ikut #KerjaBakti Gerakan Indonesia Mengajar, di Ancol. Sebenarnya #KerjaBakti ini dilakukan selama 2 hari, dari hari Sabtu tanggal 5 Oktober kemarin.

nametag FGIM

Banyak ‘wahana’ #KerjaBakti yang disediakan, seperti Kotak Cakrawala, Surat Semangat, Kemas-Kemas Sains, Kartupedia, Kepingpedia, Sains Berdendang, Melodi Ceria, Video Profesi, Teater Dongeng, dan Aula Indonesia, berjumlah 10 wahana. Kami datang dari jam 11, mengikuti upacara bendera, selayaknya dulu waktu sekolah, dan pulang sekitar jam 16.00. Kami keliling dan mengikuti 5 wahana. Sebenarnya, apa tujuan dari festival ini? Yang saya tangkap tujuannya adalah untuk membantu para pengajar muda yang akan ditempatkan di pelosok-pelosok Indonesia untuk memberikan pengajaran. Esensi dari #KerjaBakti itu sendiri adalah orang-orang datang berbondong-bondong untuk saling bekerja sama, saling membantu, dengan ikhlas, tanpa paksaan, dan dengan senang hati melakukan suatu hal.

Mengikuti kegiatan seperti ini, adalah kesukaan saya. ‘Wahana’ pertama yang saya datangi adalah Kotak Cakrawala, Inti dari wahana ini adalah mengemas buku baik untuk murid maupun guru. ‘Wahana’ kedua selanjutnya adalah Surat Semangat. Intinya, membuat surat semangat untuk guru atau kepala sekolah agar mereka tetap semangat dalam memberikan pengajaran kepada murid-muridnya. ‘Wahana’ ketiga yaitu Kartupedia, membuat semacam ensiklopedia singkat yang berupa kartu-kartu yang ditulis dengan warna-warni sehingga mencarik untuk dibaca dan dipelajari. ‘Wahana’ keempat yaitu Kepingpedia. Sesuai dengan namanya, pada wahana ini, kami membuat puzzle yang berasal dari poster-poster besar, seperti poster mengenai peta dunia, organ tubuh manusia, dan lain-lain. Di ‘wahana’ ini saya bertemu dengan teman SMA saya, Jaka, yang akan menjadi salah satu pengajar muda yang akan berangkat setelah ditraining pada Bulan Oktober ini. ‘Wahana’ terakhir yaitu Kemas-kemas Sains.

FGIM

Gerakan Indonesia Mengajar, sangat menginspirasi dan memberikan semangat, bahwa sehebat-hebatnya orang, akan sangat hebat adalah orang yang bermanfaat bagi lingkungannya, sekecil apapun itu; menerima perubahan, dan mau bersyukur atas apa yang telah didapatkan dan dimiliki saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s