Insight dari Start Up Ruma

Seperti biasa, setiap Rabu di fakultas tempat saya kuliah selalu ada yang namanya Seminar Reboan. Seminar ini selalu diisi sama pembicara-pembicara yang bagus dan keren-keren. Salah satu seminar reboan tadi siang, awalnya gak mau ikutan, mau ngerjain TA ceritanya. Tapi berhubung stuck juga, ya udah mending diisi sama ikutan seminar reboan.

Tema seminar reboannya itu “Bringing Top University Students to Empower Indonesia’s Economy on The Bottom of The Pyramid through Technology” yang diisi oleh Ruma, suatu start up baru yang berdiri tahun 2009, tetapi saya pikir sudah mapan untuk tingkat sebuah start up. Ruma merupakan start up berbasis sosial yang memiliki tujuan untuk meningkatkan martabat, pendapatan, dan akses para pengusaha mikro. Ya di seminar ini, pembicaranya adalah Bapak Aldi Haryopratomo (CEO dan Co-founder Ruma), Kak Budianto Wen (alumni Fasilkom UI 2007), dan Kak Michaela Nathania (alumni Fasilkom UI 2008).

Banyak insight yang didapetin dari seminar Reboan ini. Misalnya, ketika kita ingin membangun suatu start up, yang paling utama adalah idea, kemudian confidence atau percaya diri dalam merealisasikan ide tersebut, selanjutnya adalah network. Ketika start up kita sudah berjalan, yang terpenting adalah kenalilah siapa customer kita, dapatkan feedback dari customer kita itu, dan jangan takut untuk langsung turun ke lapangan untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Hal yang paling saya sukai dari Ruma adalah niatnya untuk bersosial dan tujuan utama dari Ruma yang memang didasarkan untuk sosial membangun ekonomi di Indonesia.

Ada kata-kata yang cukup mengena dari Kak Nathania, dia mengutip dari Marissa Mayer. Yang pertama, kelilingilah dirimu dengan orang-orang pintar maka dirimu akan terpacu untuk menjadi seperti mereka. Yang kedua, cari tempat yang dapat meng-encourage kita untuk keluar dari zona nyaman.

Dan yang terakhir, Pak Aldi menyatakan mengenai 4 komponen pekerjaan yang ideal:

  1. Body, sesuatu yang terlihat dalam bentuk fisik, misalnya gaji.
  2. Mind, harus memberikan tantangan kepada kita.
  3. Heart, lingkungan kerja, culture, serta tindakan-tindakan lainnya.
  4. Soul, ya inilah inti dari segalanya, kerap hubungannya dengan passion dan hati kita.

Mari kita sama-sama berjuang untuk Indonesia yang lebih baik😀

3 thoughts on “Insight dari Start Up Ruma

  1. Kadek, nice post! Ngomong-ngomong, ada typo dari quotes saya. Nyaman -> zaman. Video commencement addressnya bisa dinikmati di sini sebagai inspirasi kalau TAnya sudah selesai dan mulai cari-cari tempat kerja. Keep posting!😀

    • wah iya kak, maaf salah tulis hehe.. udah dibenerin tapi barusan.
      doakan lancar TA-nya kak. Siap, segera ditonton video nya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s