Hidup itu Perjuangan

Hari ini, akhirnya kesampean juga buat ngesol sepatu yang rusak, ada tukang sol sepatu yang lewat depan kostan. 3 sepatu dan 1 sandal, waktu yang cukup lama untuk mengesol sepatu dan sandal itu. Selama proses pengesolan sepatu berjalan, saya berbincang-bincang dengan bapak tukang sepatu, yang menurut saya sekitar berumur 40 tahun. Beliau berasal dari Cianjur dan sekarang menetap di daerah Kukusan Kelurahan, Dpeok.

Setiap hari dia berjalan cukup jauh dari tempat kediamannya untuk mencari nafkah dari hasil sol sepatunya, yang belum tentu setiap hari memperoleh pendapatan dari sol sepatunya itu. Karena sudah terbiasa, tangannya begitu lincah mengesol sepatu dan sandal itu. Padahal, yang kita tahu, alas sepatu atau sandal itu keras. Ya, tapi itulah hidup, penuh perjuangan. Untuk mencari nafkah, bapak itu rela berjuang dengan keras.

Hidup adalah perjuangan. Kita yang menjalani hidup, jika ingin tetap bertahan harus terus berjuang. Roda kehidupan berputar. Adakalanya kita di atas, merasa menang, merasa senang, atau apapun itu yang menunjukkan bahwa kita sedang berada di atas. Akan tetapi, adakalanya kita berada di bawah, merasa sedih, terpuruk, jatuh, atau merasa tidak berguna. Ketika kita berada di bawah, kita harus tetap bisa bangkit, melihat ke atas sebagai panduan dan pedoman untuk bangun dan menjalani segala sesuatunya dengan hati. Sebaliknya, ketika kita berada di atas, janganlah sombong atau tinggi hati, tetaplah selalu melihat ke bawah, karena banyak hal yang dapat diambil dari bawah. Karena baik berada di atas maupun di bawah, semuanya sudah diatur oleh Yang Di Atas. Kita sebagai manusia hanya dapat berjuang dan berdoa, yang memutuskan dan memberikan hasil sudah pasti Dia Yang Di Atas.

Selamat berjuang!🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s