Usus Buntu #2 – Penyembuhan

Setelah postingan Usus Buntu #1 yang membahas mengenai penyebab penyakit usus buntu, saya kembali pada postingan Usus Buntu #2 yang akan membahas mengenai bagaimana cara penyembuhan penyakit usus buntu. Sebenarnya ada kutipan “preventing is better than curing”. Ya tapi apa boleh buat, bagaimana kalau memang penyakit sudah datang kepada kita, kita tidak bisa mencegah lagi namun kita harus mencari cara bagaimana cara menyembuhkannya.

Menurut dokter yang menangani saya waktu operasi, beliau mengatakan bahwa sebenarnya terdapat dua solusi untuk menyembuhkan penyakit usus buntu.

  1. menggunakan obat penahan nyeri (yang nantinya sakit akan hilang berangsur-angsur)
  2. melakukan operasi usus buntu (diambil/diangkat usus buntunya)

Untuk solusi pertama, dengan menggunakan atau meminum obat penahan nyeri, mungkin rasa sakit akan hilang, namun ada kemungkinan besar bahwa rasa sakit tersebut akan muncul kembali, karena obat tersebut hanya penahan sesaat. Sedangkan untuk solusi kedua, yaitu melakukan operasi usus buntu, dengan diangkatnya usus buntu, maka sumber rasa sakit secara otomatis akan ikut terangkat, dan rasa sakit pun akan hilang untuk seterusnya.

Operasi usus buntu pun terlihat ada 2 jenis kondisi, kondisi pertama yaitu apabila usus buntu belum pecah dan kondisi kedua yaitu apabila usus buntu sudah pecah dan ada kemungkinan nanah (cairan yang berada di dalam usus buntu) menyebar kemana-mana. Untuk kondisi belum pecah, operasi usus buntu akan dilakukan di perut bagian kanan dengan membedah perut sekitar 3 cm, namun untuk kondisi sudah pecah maka operasi usus buntu akan dilakukan di perut bagian tengah dan melintang dari pusar ke bawah, dengan panjang tergantung dari yang dibutuhkan. Satu lagi, ketika sudah dioperasi, hal yang paling ditunggu adalah kentut, ya ketika sudah kentut, semua orang akan lega..

Oleh karena itu, rajin-rajin lah menjaga makanan dan kesehatan Anda.🙂
Usus Buntu #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s