Usus Buntu #1 – Penyebab

“Hidup ini penuh dengan cobaan, namun Tuhan akan selalu memberikan cobaan yang hamba-Nya pasti dapat melaluinya.”

Akhirnya kembali untuk memposting sebuah tulisan setelah sekian lama terkesan off dari dunia maya. Pada postingan kali ini, saya bermaksud untuk menceritakan mengenai penyakit yang saya alami baru-baru ini. Pada postingan Usus Buntu #1 ini, saya akan membagi pengalaman saya mengapa penyakit usus buntu bisa terjadi.

Banyak orang bilang, “awas hati-hati makan cabe, nanti bijinya masuk ke usus buntu”, atau apapun selain cabe yang ada bijinya. Sebenarnya, menurut dokter yang menangani saya waktu itu (dokter Ponco, dokter bedah, di rumah Sakit Ciremai Cirebon), penyebab terjadinya usus buntu kemungkinan ada 3, yaitu:

  1. Sering menahan buang air besar
    karena akan menekan usus buntu sehingga cairan-cairan yang berada di dalam usus buntu tidak dapat keluar, terhambat oleh kotoran.
  2. Sering sakit flu (pilek, batuk)
  3. Adanya biji yang nyasar ke usus buntu
Gejala yang mungkin dialami seseorang yang mengalami usus buntu tidak langsung ekstrim atau langsung merasa sakit, namun, sedikit demi sedikit, kadang muncul dan kadang menghilang. Ternyata gejala yang saya alami sudah kurang lebih setahun yang lalu, yang saya kira sakit mag biasa, dan tanggal 23 Agustus kemarin saya kembali merasakan seperti sakit mag, namun sakitnya tidak hilang-hilang. Setelah dicek oleh dokter, ternyata ini penyakit usus buntu.
Mungkin segini dulu cerita dari saya, akan saya sambung pada postingan #2 atau #3 kemudian.
Cintai ususmu dan rajin-rajin buang air besar.
Belajar hidup sehat!πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

