Teori Hierarki Kebutuhan menurut Maslow

Pada dasarnya manusia memiliki banyak kebutuhan, yang mana kebutuhan itu ujung-ujungnya berakar dari yang bernama nafsu. Banyak teori-teori yang menjelaskan mengenai kebutuhan manusia, namun menurut saya yang paling mengena adalah Teori Hierarki Kebutuhan menurut Maslow, yang digambarkan dalam sebuah piramid.

Kebutuhan fisiologis (dasar), kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan akan esteem (penghargaan), kebutuhan akan aktualisasi diri

Ketika manusia merasakan akan suatu kebutuhan, manusia akan mencarinya, dan ketika manusia sudah memenuhi kebutuhan tersebut, maka secara otomatis manusia akan berhenti untuk mencari kebutuhan tersebut. Manusia juga cenderung untuk merealisasikan dirinya untuk mencapai duatu aktualisasi diri. Yang bagus adalah ketika manusia dapat selaras bukan hanya dengan dirinya sendiri namun juga dengan lingkungan sekitar.

Kebutuhan yang paling mendasar adalah kebutuhan fisiologis, ketika manusia telah memenuhi kebutuhan tersebut, maka akan meningkat ke kebutuhan pada tingkat selanjutnya, begitu seterusnya pada tingkat-tingkat selanjutnya. Manusia harus memenuhi kebutuhan pada tingkat dasar dulu baru nantinya dapat berpindah ke tingkat selanjutnya.

Hal yang dapat saya ambil dari teori ini bahwa setiap manusia memiliki potensi yang dapat dimaksimalkan yang akhirnya nantinya dapat memenuhi kebutuhan pada tingkat akhir, yaitu aktualisasi diri. Namun untuk mencapai hal tersebut, kebutuhan-kebutuhan yang lain pada tingkat sebelumnya tidak boleh dilupakan, karena memang kebutuhan pada tingkat sebelumnya mendukung kebutuhan di tingkat selanjutnya. Dengan teori ini, kita diharapkan dapat memotivasi diri kita untuk dapat memenuhi kebutuhan kita dengan melakukan hal-hal yang positif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s