Pemberi Warna Kehidupanmu

Dalam postingan ini saya berniat untuk menshare sedikit pengalaman yang saya dapat hari ini. Hari ini saya pergi menjemput sebut saja ‘adik’ (karena sebenarnya anak tetangga tetapi sudah sangat dekat) yang baru saja masuk SMP, kebetulan SMP-nya merupakan SMP tempat di mana dulu saya bersekolah.

Ketika sampai di depan pintu gerbang SMP, saya tidak langsung masuk, saya berdiam duduk di depan sambil memperhatikan apa yang terjadi selanjutnya. Banyak anak SMP yang masih terlihat bocah, kurus, yang berlarian ke sana kemari karena memang sudah saatnya pulang. Kembali saya teringat dengan keadaan saya dulu waktu SMP, bagaimanakah saya dulu waktu SMP? Mungkin sama seperti mereka, yang masih polos dan hanya berpikir untuk belajar di SMP.

Tak lama kemudian, bertemulah saya dengan beberapa guru SMP yang masih mengajar di SMP tersebut (padahal sudah sekitar 5 tahun yang lalu saya lulus dari SMP tersebut). Sifatnya, karakternya, dan logatnya pun masih sama seperti dulu. Namun yang agak berbeda adalah raut wajahnya dan postur tubuhnya yang sudah mulai terlihat menua.

Anak yang saya tunggu pun akhirnya keluar, dia pun mengajak saya untuk berkeliling masuk ke dalam. Bertemulah dengan penjaga sekolah yang masih sama seperti dulu. Senangnya, bapak penjaga sekolah tersebut masih mengingat saya. Dalam setiap langkah saya mengelilingi SMP saya, selalu teringat segala sesuatu yang pernah terjadi di sekolah tersebut, rasa haru dan senang bercampur menjadi satu.

Satu hal penting yang saya rasakan hari ini adalah jangan pernah melupakan jasa-jasa semua orang yang telah membuatmu menjadi seperti sekarang ini, orang-orang yang telah menjadikanmu berkembang hingga saat ini.

Karena setiap langkah yang kita jalani akan selalu meninggalkan jejak, dan setiap jalan yang kita lewati pasti terdapat momen-momen yang terukir di dalamnya.

Oleh karena itu ingatlah selalu semua momen yang ada, ingat selalu semua kenangan yang pernah terjadi, karena engkau berkembang karena momen dan kenangan itu. Hargai semua orang yang berjasa dalam hidupmu karena merekalah yang selalu memberi warna kehidupan, sekecil apapun jasa mereka.🙂

2 thoughts on “Pemberi Warna Kehidupanmu

Tinggalkan Balasan

