Kunjungan ke Yohanes Surya Institute

“tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya tidak mendapatkan kesempatan”

Itulah yang menjadi dasar Pak Yo (sebutan Pak Yohanes Surya) dalam menjalankan semua pengabdiannya selama ini. Senin kemarin, tepatnya tanggal 25 Juli 2011, saya ikut dalam kunjungan UISDP (pelatihan kepemimpinan di UI) ke Yohanes Surya Institute, pada presentasinya Pak Yo menyampaikan mengenai “antara khasanah ilmu, idealisme, dan pengabdian“. Maksudnya adalah ketika seseorang mempunyai ilmu yang mumpuni, sudah sepatutnya kita menyebarkan dan menggunakan ilmu tersebut untuk mengabdi, dalam hal ini mengabdi pada bangsa Indonesia.

Ya, tidak ada anak yang bodoh, seperti yang dikatakan Pak Yo. Semua anak di muka bumi ini pasti pintar karena pada dasarnya otak manusia itu sama, terbentuk dari bahan yang sama, dianugerahkan oleh Tuhan.

Sudah banyak prestasi Pak Yo yang cukup menginspirasi dan membanggakan Indonesia, mulai dari membina para pejuang di Olimpiade Fisika hingga sekarang beliau membangun sebuah institute yang bernama Surya Institute yang bekerja sama dengan pemda Papua dan lain-lain. Institute ini didirikan dengan maksud melakukan reformasi atau perubahan dalam pembelajaran matematika dan sains di Indonesia, ingin menghilangkan rasa ‘takut’ akan matematika yang selama ini membayang-bayangi anak bangsa.

Selain presentasi yang diberikan oleh Pak Yo, kami juga diajak untuk keliling Surya Institute dan melihat kelas-kelas yang sedang belajar. Pertama kami memasuki kelas robotic, di dalamnya terdapat anak-anak yang umurnya sekitar 10 tahun sedang belajar robotic. Yang mengagumkan adalah mereka sudah dapat merakit robot dan ngoding (menggunakan AVR, padahal saya kenal AVR saja ketika kuliah). Selanjutnya, kami diajak masuk ke kelas pendidikan guru, yang mana keluaran dari kelas ini adalah untuk menjadi guru. Yang terakhir, kami memasuki kelas matrikulasi, yang dikhususkan untuk anak-anak yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi (mempersiapkan untuk SNMPTN dan ujian-ujian lainnya).

Banyak yang bisa saya dapatkan setelah kunjungan ke Surya Institute. I’m burning!! Keinginan saya untuk mengajar menjadi semakin besar, apalagi matematika. Intinya adalah:

“ketika kita sudah menemukan passion kita, kita harus fokus agar dapat menghasilkan ouput yang memuaskan. Namun satu hal, kita tidak boleh terlena dengan segala sesuatu yang telah kita peroleh. Kita harus dapat menyebarluaskan dan membagikan apa yang telah kita dapatkan. Tebarkan manfaat sebanyak-banyaknya!!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s