Pendakian Pertama: Gunung Gede

Ini pengalaman pertama saya mendaki gunung. Diajak sama temen-temen kampus. Tadinya mau naik Gunung Pangrango, tapi jadinya Gunung Gede. Naik dari Cibodas, turun lagi dari Cibodas. Kami berangkat dari jalan Margonda pukul 6 pagi (sudah terlambat sih), naik angkot 112 ke kampung rambutan lalu lanjut lagi naik bis biru loreng-loreng orange buat ke Cibodas. Sampai di Cibodas, naik angkot lagi sampai Taman Wisata Gunung Gede-Pangrango.

Perlengkapan dan peralatan minimal yang disarankan untuk dibawa pada saat naik gunung: carrier dan coverbagnya, baju, celana, dan pakaian dalam secukupnya, sendal/sepatu gunung, alat mandi, alat sholat,  payung, ponco/jas hujan, sleeping bag, matras, jaket, sarung tangan, kaos kaki, kupluk, air minum 1,5 lt, senter, obat-obatan pribadi, snack tanjakan (madu, cokelat-cokelat ringan, dll), trash bag. Semua itu kalau bisa dijaga tetap kering.

Selain itu keperluan kelompok juga perlu dibawa seperti kompor portable, nesting, tenda, tali rafia, gas/spirtus, P3K, teh celup, makanan berat, koran, plastik, dan kain lap. Makanan kelompok yang dibawa pun ada baiknya yang awet, seperti kornet, nugget, mie, dan telor. Sepatu/sandal gunung yang dipakai pun ada baiknya yang nyaman, karena akan memudahkan pendakian. Packing yang dilakukan pun harus benar akan carier yang dibawa nyaman di pundak dan tidak membuat pundak cepat lelah.

Rute yang kami lewati: dari Cibodas  (tempat registrasi) menuju check point telaga biru –> air panas –> kandang batu –> kandang badak –> puncak.

Ada 2 tempat yang menurut saya paling menyeramkan ketika melewati rute ini, yaitu:

    1. Air terjun air panas

Uapnya bisa bikin kita susah melihat jalan, batunya juga licin, airnya panas banget, jadi ada baiknya jangan melewati air terjun air panas ini ketika hari sudah mulai gelap.

    1. Tanjakan setan

Awalnya ga kebayang kalau ada yang namanya tanjakan setan. Ini bener-bener tanjakan setan, mirip-mirip kaya
wall climbing sih, tapi ini lebih menyeramkan. kalau kepleset, langsung jatuh, ga tau deh gimana nasibnya.

Sampai di puncak, kita bisa melihat pemandangan yang indah. Dan jangan lupa ke alun-alun Surya Kencana yang penuh dengan bunga abadi – edelweis.

2 thoughts on “Pendakian Pertama: Gunung Gede

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s